Akhbar

AIS Jabar gelar Roadshow Media ke Pesantren di Cirebon


Cirebon, Arus Informasi Santri Nusantara (AISNU) Regional Jawa Barat mengadakan Roadshow dan Pelatihan Media Dakwah Digital di Kota dan Kab. Cirebon, Kamis-Jum’at (24-25/09).

Kegiatan yang bertemakan Ruang-riung Ngabahas Media Dakwah Pesantren berlangsung selama 2 hari dan bertempat di Pondok Pesantren Al-Fatih Kayuwalang Kota Cirebon, Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Ghozali Kota Cirebon, Pondok Pesantren Al-Ihya Kota Cirebon, dan di Aswaja Sharing Center MWC NU Kec. Gebang.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk silaturahmi dan mengenalkan AIS NU serta memberikan dorongan berupa pelatihan dan sharing terkait media dakwah digital kepada santri, pelajar, dan penggerak NU.

Dalam kesempatannya saat memberikan pelatihan dan sharing terkait media dakwah digital, Koordinator AISNU Jawa Barat, Adhia Ahmad Turmudzi banyak memberikan masukan-masukan kepada para peserta. Di antaranya, harus mulai melakukan adaptasi dan tranformasi dengan perkembangan teknologi dimulai dari diri sendiri.

“Kalau zaman dulu wali songo melakukan dakwah menggunakan media wayang, akulturasi budaya, dan sebagainya. Saat ini, kita bisa memanfaatkan dan memaksimalkan media sosial untuk berdakwah, menyesuaikan dengan perkembangan zaman,” ujarnya.

Selain itu, ia juga meyampaikan terkait cara pengambilan dan pembuatan konten dakwah yang menarik. Salah satunya melalui proses visualisasi dan packaging yang baik dan menarik agar bisa diterima oleh berbagai kalangan.

“Jangan khawatir, di pesantren banyak sekali konten yang bisa dibuat dan disebar ke berbagai platform media sosial, banyak materi dari kitab-kitab kuning yang bisa dibuat, tinggal mengatur visualisasi dan packagingnya agar menarik,” tutupnya.

Adrian Fauzi Rahman

Comment here